TIPS BERWISATA KE LABUAN BAJO DENGAN LOW BUDGET TETAPI TETAP AMAN DAN NYAMAN

Siapa sih yang tidak kenal  Labuan Bajo ? selain karena hewan pura (Komodo), Labuan Bajo juga terkenal dengan keindahan bawa laut dan pasirnya yang putih dan bersih. Panorama alam yang memanjakan mata dengan sejuta tempat untuk menyaksikan sunset yang cantik membuat Labuan Bajo dijuluki sebagai surga tersebunyi di wilayah Indonesia timur. Tidak heran jika Labuan Bajo sekarang bisa menyaingi beberapa destinasi wisata didunia dan bahkan menjadi salah satu destinasi utama bagi wisatawan Internasional maupun domestic.

Sangat disayangkan bukan jika tidak berkunjung ke Labuan Bajo? Nah, jika kamu berencana berwisata ke Labuan Bajo berikut beberapa tips berwisata ke Labuan Bajo dengan budget murah tetapi tetap aman dan nyaman;

  1. Persiapkan budget dengan baik

Biaya yang perlu dipersiapkan untuk berwisata ke Labuan Bajo memang relative cukup mahal dari destinasi wisata lainnya di Indonesia. Berikut beberapa rincian pengeluaran yang wajib kamu ketahui jika berkunjung ke Labuan Bajo;

  • Transportasi penjemputan
  • Paket wisata (oversea/overland)
  • Hotel
  • Tiket masuk tempat wisata
  • Biaya guide
  • Makanan-minuman (tetapi biasanya makanan dan minuman selalu disediakan oleh boat operator atau travel agent jika kita sudah membeli paket wisatanya)

Berdasarakan beberapa item diatas disarankan menyiapkan budget liburan Rp. 2.500.000 per orang untuk durasi berwisata satu hari dan minimal Rp. 5.000.000 per orang untuk durasi berwisata 3 hari, biaya ini diluar biaya transportasi dari daerah asal menuju Labuan Bajo.

  1. Pilih jenis paket wisata

Memilih jenis paket wisata atau program wisata adalah langkah awal yang anda lakukan sebelum menentukan berapa budget yang anda siapkan untuk berwisata ke Labuan Bajo. Nah, jenis paket wisata yang ditawarkan di Labuan Bajo adalah private trip dan sharing trip (open trip).

Private trip merupakan program yang diperuntukan khusus bagi wisatawan yang menyewa atau memilih program tersebut. Keunggulan dari paket wisata ini lebih cendrung fleksibel, dimana waktu keberangkatan dan tempat wisata (itinerary) bisa disesuaikan dengan keinginan anda yang memilih jenis paket ini.

Berbeda dengan sharing trip (open trip), paket wisata ini dapat diartikan sebagai trip bersama yang dibuka untuk umum. Keunggulan paket wisata ini akan lebih hemat budget dikarenakan biaya bisa dilakukan dengan sharing tamu lainnya. Wisatawan yang memilih paket ini akan digabung menjadi satu rombongan dengan harga, kouta dan itinerary yang sudah disediakan oleh travel agent atau penyedia tour

Beberapa paket open trip dan private trip yang anda bisa pilih ;

  • Private trip 2 hari 1 malam Rp.28.000.000 untuk 5-8 orang (kapal superior)
  • Private trip 3 hari 2 malam Rp. 32.000.000 untuk 5- 8 orang (Kapal superior)
  • Sharing trip full Day Rp.1.450.000/orang (speedboat)
  • Sharing trip 3 hari 2 malam mulai Rp.2.500.000 – Rp.5.000.000/orang (kapal phinisi)

 

  1. Memilih waktu liburan

Keindahan dan keunikan yang dimiliki Labuan Bajo menjadikannya destinasi favorit bagi beberapa wisatawan mancanegara maupun nusantara. Namun, tahukah kamu waktu terbaik mengunjungi Labuan Bajo? Yukk, simak penjelasan berikut terkait kondisi cuaca di Labuan Bajo;

Januari – Maret; Rentetan festival daerah

Bagi kamu yang tujuan wisatanya untuk menambah wawasan terkait budaya, maka berkunjunglah ke Labuan Bajo pada periode ini, karena kamu akan terkesima dengan berbagai macam festival daerah, diantaranya festival komodo, festival reba Labuan, festival florata hingga festival tarian caci.

April – Mei; Pemandangan Hijau

Keindahan alam di Labuan Bajo sudah tidak bisa diragukan lagi. Untuk memaksimalkan eksplorasi wisata anda, datanglah pada periode ini. Pada periode ini cuaca di Labuan Bajo cendrung cerah dan perbukitan pulau-pulau yang hijau. Bulan ini biasanya incaran para fotografer dan anak-anak instagramable.

Juli – September; Musim kawin komodo

Bagi kamu yang ingin  mengenal komodo lebih dalam atau melakukan penelitian tentang perkembangbiakan komodo, kamu bisa datang pada periode ini. Karena pada periode ini komodo memasuki musim kawin, biasanya saat musim kawin komodo cendrung menghabiskan waktunya keluar untuk mencari pasangannya.

Oktober – Desember; Eksplore keindahan bawah laut

Kunjungan pada periode ini merupakan waktu yang tepat untuk menikmati keindahan bawah laut dari perairan Labuan Bajo. Aktivitas snorkeling dan diving sangat pas untuk dilakukan, mulai dari melihat indahnya trumbu karang, berbagi jenis ikan yang cantik serta beberapa biota laut lainnya.

Satu hal yang harus diperhatikan saat berliburan diperiode ini, disarankan untuk melakukan aktivitas diperairan pada siang hari, hal ini dikarenakan musim hujan juga biasanya terjadi pada bulan desember.

  1. Memilih travel agent/kapal

Sebagai salah satu destinasi super prioritas yang dirancang pemerintah, tidak heran jika Labuan Bajo banyak dilirik oleh pelaku pariwisata seperti travel agent dan boat operator di Indonesia bahan dari Luar negeri. Bagi kamu yang berrencana berlibur ke Labuan Bajo cermatlah saat memili travel agent atau boat operator yang menawarkan paket wisata Labuan Bajo ke anda. Jangan sampai salah memilih travel agent dan kapal phinisi.

Agar terhindar dari penipuan,  periksa dan perhatikan profil perusahan (travel agent/kapal phinisi) yang mau anda pilih, serta review dan media social dari travel agent/boat operator.

Contoh travel agent di Labuan Bajo adalah Kraeng Komodo. Kraeng komodo sudah bekerjasama dengan beberapa phinisi superior,deluxe hingga luxury yang beroperasi di Labuan Bajo bahkan yang croasing ke Raja Ampat. Diantaranya; Adishree Phinisi, Andamari Phinisi, Malca voyages, Clalynna Phinisi, Pinta Phinisi, Lamborajo II, Samara Phinisi, Fenides dan masih banyak lainnya.

  1. Persiapkan barang bawaan

Demi keamanan dan kelancaran anda saat berwisata di Labuan Bajo, ada beberapa barang bawaan yang harus kamu ketahui dan kamu persiapkan sebelum berwisata ke Labuan Bajo. Karena perkembangan pariwisata Labuan Bajo yang bisa dikatakan masih baru dan butuh waktu menyesuaikan fasilitas dengan kebutuhan wisatawan. Beberapa barang yang kamu persiapkan diantaranya;

  • Kartu telkomsel

Mengingat bahwa sinyal telekomunikasi di beberapa pulau dan tengah laut tergolong lemah, kamu wajib membawa kartu perdana yang sinyalnya cukup “kuat” di wilayah Labuan Bajo. Salah satu layanan telekomunikasi yang kuat berdasarkan pengalaman dari para wisatawan sebelumnya ialah Kartu Telkomsel.

Alternatif lainnya yang dapat kamu coba ialah membawa model wi-fi portable yang dapat dibawa kemana-mana.

Hal ini penting untuk terutama bagi kamu yang tidak bisa lepas dari internet. Apalagi dengan sinyal yang kuat, kamu tetap bisa berkomunikasi satu sama lain dan update momen secara real time di media sosial

  • Uang cash

Sebelum kamu memulai trip atau sailing dengan kapal phinisi disarankan menyiapkan uang cash secukupnya, karena tidak bisa dipungkiri bahwa dibalik keindahan pulau-pulau cantik di perairan Labuan Bajo ini dulunya adalah pulau tak berpenghuni sebelum disulap menjadi destinasi wisata yang terbuka bagi public, tak heran jika akan sulit bagimu menemukan ATM . Jadi dibeberapa Pulau yang menjadi destinasi anda saat berwisata memiliki warung atau art shope orang local

  • Perlengkapan pribadi (skincare)

Selama berlibur, pastinya kamu akan membutuhkan beberapa perlengkapan seperti alat mandi, produk perawatan kulit dan perlengkapan lainnya. Iklim tropis di Labuan Bajo terbilang mempunyai suhu yang tinggi. Rata-rata kadar udara siang hari paling rendah bisa mencapai 25,7oC. Maka dari itu bagi kamu yang memiliki kebutuhan khusus untuk kulit yang sensitive terhadap panas matahari sebaiknya mempersiapkan produk tersebut dari kota asal anda karena persediaan mini market di Labuan Bajo terbilan belum lengkap.

Nah itu dia beberapa tips berwisata ke Labuan Bajo, semoga bisa membantu

Artikel Lainnya

Labuan Bajo, Destinasi Impian untuk Liburan yang Penuh Warna dan Pengalaman Baru
April 3, 2024
Eksplorasi Pulau Padar: Surga Tersembunyi di Labuan Bajo
Maret 20, 2024
HAL YANG DAPAT ANDA LAKUKAN KETIKA BERLIBUR DI KOMODO
Februari 14, 2023